Pertemuan Orang Tua Siswa dengan Komite SMP Negeri 4 Pupuan

Komite SMP Negeri 4 Pupuan, pada hari Jum’at tanggal 6 Agustus 2010 mengadakan acara Pertemuan rutin tahunan dengan para orang tua siswa. Acara ini diadakan di ruang Lab. IPA yang rencananya dimuali pukul 8.00 WITA, tapi karena situasi dan kondisi letak geografis tempat tinggal orang tua siswa dan juga jaraknya dari Sekolah cukup jauh, maka acara tersebut baru bisa dimulai sekitar 30 menit kemudian.

Pembawa Acara

Pada kesempatan tersebut, selain Ketua Komite SMPN 4 Pupuan, juga tampak hadir Bapak I Gede Purnawan, salah satu anggota DPR Kab. Tabanan yang kebetulan duduk di Komisi Pendidikan. Acara ini dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah dengan beberapa kata  sambutan dari beliau. Dalam sambutannya, beliau menyatakan maksud dan tujuan dari pertemuan ini tidak lain adalah menyatukan dan menyelaraskan persepsi antara pihak sekolah, komite dan orang tua siswa. Persepsi yang dimaksud adalah, dimana selama ini pihak sekolah sudah ‘all out’ dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam membina dan membimbing siswa, sehingga banyak prestasi yang bisa diraih baik di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan di tingkat Nasional. Pada gilirannyalah pihak sekolah juga mohon dukungan kepada pihak komite dan orang tua untuk mensinergikan usaha-usaha kita bersama sehingga bisa mencapai hasil yang lebih baik. Dukungan yang dimaksud adalah dukungan moril dan juga materiil yang seimbang, sehingga pihak sekolah tidak menemukan kendala apapun dalam usaha kedepan untuk meraih hasil yang memang menjadi harapan bersama baik sekolah, komite dan juga orang tua, minimal lebih baik dari hasil yang sudah diperoleh selama ini.

Ketua Komite dan Anggota DPR Kab. Tabanan

Dalam kesempatan tersebut, baik Bapak Gede Purnawan dan Ketua Komite SMP Negeri 4 Pupuan Bapak I Wayan Sukayasa, juga berkenan memberikan himbauan-himbauan yang bersifat positif terutama kepada orang tua siswa. Dan yang paling membanggakan kami dari pihak sekolah adalah bahwa dalam acara tersebut, Bapak I Gede Purnawan secara langsung memberikan sumbangan kepada Sekolah sebesar Rp.2.000.000,- dan beliau juga berjanji untuk menyisihkan dana reses anggota dewan yang berjumlah Rp.2.500.000,- untuk juga diarahkan untuk kepentingan sekolah. Dana reses itu akan diberikan secara berkala setiap 4 bulan sekali.

Orang tua siswa
Orang Tua Siswa sedang mendengarkan penjelasan dari Kepsek

Dalam acara pertemuan tersebut juga diisi dengan acara tanya-jawab, dimana dalam acara inilah ada dialog yang hangat antara kami pihak sekolah dengan orang tua dan juga dengan pihak Komite. Dalam acara ini, ada beberapa masukan yang ditawarkan oleh orang tua, dan juga kami sudah memberikan beberapa solusi untuk keberatan dan hambatan-hambatan yang mereka temukan selama ini, terutama dalam masalah memaksimalkan pengawasan cara belajar siswa dalam rangka menghadapi Ujian Nasioan tahun depan. Dan pada akhir acara disepakati bahwa baik pihak sekolah maupun orang tua agar menjalin hubungan komunikasi yang lebih intens dalam usaha memaksimalkan hasil belajar siswa, dan juga bersepakat untuk menjalin hubungan komunikasi dengan anggota dewan secara lebih dekat, sehingga pengawasan terpadu terhadap kemajuan sekolah bisa terlaksana dengan baik.

About Nyoman Wiastra

Saya adalah salah satu guru di SMP ini yang paling sering tidak mendapat perhatian, celakanya saya sering dianggap remeh dan tidak mempunyai kopetensi apapun dalam menjalankan tugas saya sehari-hari. Namun, saya tetap berbesar hati dan terus melakukan yang terbaik untuk sekolah sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Kemudian saya berharap kepada semua rekan-rekan guru di SMPN 4 Pupuan untuk tetap bersemangat walaupun terkadang kita mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan yang datang dari segala penjuru.... semua itu adalah tantangan buat kita untuk selalu berjuang berdasarkan Dharma.

Posted on 8 Agustus 2010, in Ragam. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: