Saraswati 2010

Saraswati1 Pada hari Sabtu Wuku Watugunung, 25 September 2010, kami warga dan seluruh komponen SMP Negeri 4 Pupuan merayakan Hari turunnya Ilmu Pengetahuan ‘Saraswati’. Pada hari Saraswati kali ini, kami isi dengan acara persembahyangan di lingkungan sekolah dan kami pusaatkan di Padmasana yang terletak di sisi Utara Lingkungan Sekolah. Sehari sebelum acara persembahyangan tersebut, panitia hari Raya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, sehingga semua siswa, guru dan staf pegawai bisa melakukan persembahyangan dengan hikhmad pada hari itu, tanpa dibebani dengan pekerjaan tambahan.Saraswati2

Acara Persembahyangan bersama hari Saraswati kali ini dipuput oleh Ida Bhawati Padangan. Persiapan bebantenan dilaksanakan sejak pagi hari oleh beberapa orang guru yang dibantu oleh siswa, setelah segala sesuatunya sudah siap, maka sekitar pukul 08.00 Ida Bhawati mulai Maweda/Nganteb/Mepyos. Selama  penganteban dilaksanakan, tidak lupa juga acara tersebut diiringi dengan nyanyian-nyanyian suci yang dibawakan oleh I Ketut Pontra dan Ni Ketut Nadi, beliau-beliau ini memang dua guru SMPN 4 Pupuan yang sangat handal dalam hal urusan Nyanyian Suci Agama Hindu. Terasa sangat lengkaplah upacara dan upakara yang kami laksanakan tersebut, karena atas asung wara nugraha Ida Sang Hyang Aji Saraswati, semuanya berjalan denga hikhmad dan tertib.

Sekitar pukul 10.00, acara persembahyangan Saraswati3berakhir, dan Ida Bhawati langsung menutup acara tersebut dengan acara tambahan yaitu ‘pembersihan/pawintenan Saraswati’ terhadap beberapa orang guru. Kami semua merasa lega dan senang setelah semuanya berjalan dengan baik dan lancar, cuma setelah acara persembahyangan tersebut, ada satu hal yang wajib untuk dilakukan oleh segenap warga sekolah, yaitu bagaimana memaknai Hari Saraswati ini kemudian mentaati segala ajaran-ajaran yang telah dianugrahkan ole Ida Sang Hyang Aji Saraswati Yang Maha Agung.

About Nyoman Wiastra

Saya adalah salah satu guru di SMP ini yang paling sering tidak mendapat perhatian, celakanya saya sering dianggap remeh dan tidak mempunyai kopetensi apapun dalam menjalankan tugas saya sehari-hari. Namun, saya tetap berbesar hati dan terus melakukan yang terbaik untuk sekolah sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Kemudian saya berharap kepada semua rekan-rekan guru di SMPN 4 Pupuan untuk tetap bersemangat walaupun terkadang kita mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan yang datang dari segala penjuru.... semua itu adalah tantangan buat kita untuk selalu berjuang berdasarkan Dharma.

Posted on 29 September 2010, in Ragam. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: