Kepala Sekolah Pertama

Beliau adalah I Made Sukarya,S.Pd.,M.Pd. Ia adalah seorang sosok yang sangat sederhana dan bersahaja, di samping itu beliau adalah seseorang yang sangat pintar dan cerdas. Beliau memulai karirnya sejak tahun 70_an di SMP Negeri 1 Pupuan, dan mata pelajaran yang beliau ampu adalah Matematika. Dari awal karir beliau sebagai seorang guru, beliau sudah menunjukkan kesederhanaan dan kebersahajaannya, di mana tersebut bisa dilahat dari tindak tanduk beliau dalam keseharian di tempat tugas maupun di luar tugasnya. Beliu juga adalah seorang guru yang sangat pintar, makanya tidak heran, semua murid dan mantan muridnya sangat mencintai beliau. Penulis dalam hal ini belum bisa menceritakan kisah beliau di awal-awal kehidupan beliau sebagai seorang PNS, informasi inipun penulis buat karena saya (penulis) merupakan salah satu mantan murid sekaligus bawahan beliau. Dulu, sewaktu saya sebagai salah satu murid beliau, sekitar tahun 1980-1983, beliau mengajarkan kami pelajaran yang memang menjadi basic beliau, yaitu Matematika. Namun, kala itu jujur saya katakan, kelas saya tidak kebagian tugas beliau, karena kelas saya sebenarnya diajar oleh Pak Nyoman Arimbawa. Tapicerita tentang kesederhanaan dan kebersahajaan beliau dan juga tentang bagaimana beliau mengajar siswanya dengan baik, itu saya dapatkan dari teman-teman kelas yg diajar oleh beliau.

Pak De Sukarya

Setelah saya, sebagai mantan murid beliau menjadi PNS, dan setelah saya bertugas di SMPN 4 Pupuan, maka ketemulah saya kembali dengan beliau sebagai Kepala Sekolah kami. Dan ternyata, beliau adalah Kepala Sekolah kami yang pertama di SMP ini. Terbuktilah memang cerita-cerita teman-teman mantan siswa beliau yg mengatakan bahwa ia adalah salah satu sosok yang luar biasa. Selama kepeminpinan beliau, SMPN 4 Pupuan yg masih sangat muda kala itu, perkembangannya sangat luar biasa. Bagaimana tidak, berkat kepeminpinan beliau jugalah, kami sekarang menikmati dan sekali gus mewarisi sikap sebagai seorang guru yang mumpuni dan bertanggungjawab pada tugas. Beliau bertugas di SMP Negeri 4 Pupuan sampai dengan tahun 2003, itu berarti beliau menjadi Kepala SMP Negeri 4 Pupuan selama kurang lebih 7 tahun sejak tahun 1996, di mana pada tahun 2003 pertengahan beliau kembali ke kandanggnya menjadi Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Pupuan. Di bawah kepeminpinan beliau jugalah, saya bisa menyadari artinya tanggung jawab sebagai seorang PNS, walaupun digaji sangat kecil. Bukan hanya saya, tapi sebagian besar dari mantan bawahan beliau juga merasakan hal yang sama. Demikian dulu tulisan ini saya akhiri, dengan harapan semoga saya nanti bisa bertemu beliau, dan langsung mencari kisah-kisah beliau selama menjadi PNS (guru) kepada Pak Made Sukarya sendiri, dan tulisan ini akan dilanjutkan kemudian.

About Nyoman Wiastra

Saya adalah salah satu guru di SMP ini yang paling sering tidak mendapat perhatian, celakanya saya sering dianggap remeh dan tidak mempunyai kopetensi apapun dalam menjalankan tugas saya sehari-hari. Namun, saya tetap berbesar hati dan terus melakukan yang terbaik untuk sekolah sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Kemudian saya berharap kepada semua rekan-rekan guru di SMPN 4 Pupuan untuk tetap bersemangat walaupun terkadang kita mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan yang datang dari segala penjuru.... semua itu adalah tantangan buat kita untuk selalu berjuang berdasarkan Dharma.

Posted on 14 November 2010, in Profile Sekolah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

