Drs. I Wayan Bukatiasa,M.Pd.

Drs. I Wayan Bukatiasa,M.PdBeliau ini merupakan seorang tokoh pendidikan yang perlu diacungi jempol dalam perjalanan karirnya sebagai seorang guru selama kurang lebih 15 tahun ini. Di awal-awal tahun beliau menjadi guru, tugas yang diemban adalah mengajar Bahasa Inggris sesuai dengan Background Pendidikannya di Perguruan Tinggi dan selama itu pula beliau menjalankan tugasnya penuh dedikasi dan bertanggung jawab penuh, terbukti dari kopetensi siswa yang beliau ajar khususnya dalam Bidang Bahasa Inggris cukup memuaskan.

Drs. I Wayan Bukatiasa,M.Pd (1)Karena dedikasi dan idealisme beliau yang sangat tinggi, maka tidak salah kalau atasan beliau saat itu memberikan tugas tambahan sebagai Kepala Urusan Hubungan Masyarakat (KaUr Humas). Beliau menjalani tugas tersebut sejak tahun 1997 sampai dengan 1999. Sepanjang jabatan beliau sebagai kaUr Humas ini, ternyata dedikasinya semakin meningkat dan mempunyai etos kerja yang luar biasa sehingga masyarakat sekitar sebagai pilar pendukung masukan siswa ke Sekolah ini semakin percaya pada kualitas layanan pendidikan SMP Negeri 4 ini, dan mereka tidak merasa ragu untuk mengirim anak anak mereka untuk menempuh pendidikan di tempat ini.

Drs. I Wayan Bukatiasa,M.Pd. (2)Dalam tahun berikutnya, kinerja beliau semakin baik dan sebagai penghargaan maka dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2001, beliau kembali dipercaya untuk menjadi Kepala Urusan, kali ini beliau dipercaya untuk menjadi KaUr Kurikulum. Sebuah peker jaan/jabatan yang sangat menuntut kemampuan olah pikir yang tinggi untuk bisa memangku tanggung jawab ini. Berkat keahliannya, beliaupun mampu menangani semua permasalahan Kurikulum di masa-masa itu. Begitulah selanjutnya, karir beliau semakin cemerlang saja, wajar karena memang seimbang dengan kompetensi yang dimilikinya.

Kemudian pada periode-periode berikutnya, beliau kembali dipercaya untuk memangku jabatan yang menuntut kemampuan yang semakin tinggi, terbukti pada tahun 2001, beliau diankat menjadi Wakil Kepala Sekolah. Jabatan Wakasek ini beliau ampu sampai dengan pertengahan tahun 2003. Selama tahun-tahun ini pula beliau melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dan cerdas, dan beliau juga ternyata seorang pembuat strategi kebijakan di bidang pendidikan yang tangguh, terlihat dari banyaknya pelajaran-pelajaran tambahan yang dilaksanakan di sekolah ini selama beliau memgang jabatan Wakasek ini.

29Karir beliau sebagai seorang pendidik semakin lama semakin cemerlang, terbukti pada tanggal 1 Mei 2003, beliau diangkat menjadi Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Pupuan ini. Beliau memegang tanggung jawab ini terhitung sampai tulisan ini dipublikasikan masih aktif. Selama Sekolah ini dipimpin oleh beliau, banyak hal yang sudah beliau lakukan, dan banyak perubahan yang terjadi, begitu juga dengan kualitas layanan pendidikan selama ini semakin tahun semakin membaik. Bukan hanya itu saja, disamping beliau diberi tanggung jawab yang cukup berat, selama perjalan karir beliau ini, beliau juga banyak mendapatkan prestasi yang baik diantaranya, pernah juga menjadi finalis seleksi pertukaran guru ke Jepang, pada tahun 2005 memperoleh Juara II dalam Lomba Karya Ilmiah Guru Tingkat Provinsi Bali dalanm rangka Simposium Guru.

38Pengalaman lain di samping sebagai Guru Bahasa Inggris, beliau juga pernah mengajar di berbagai sekolah di antaranya; STM (SMK) Saraswati dari tahun 1993 sampai dengan tahun 1998, SMA Kerta Wisata Tabanan dari tahun 1994 sampai dengan 1999, dan di SMIP (SMK) Saraswati Tabanan dari tahun 2000 sampai dengan 2007. Di bidang pendidikan non-formal, beliau juga pernah menjadi Instruktur di sebuah Lembaga Pendidikan yang bernama “Five English College” Tabanan dari tahun 1992 sampai dengan tahun 1997. Sedangkan di bidang Organisasi Kependidikan, beliau juga merupakan Wakil Ketua Forum Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kabupaten Tabanan, juga sebagai Pengurus AKSI (Asosiasi Kepala Sekolah Seluruh Indonesia) Kabupaten Tabanan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Sungguh perjalan karir yang luar biasa.

About Nyoman Wiastra

Saya adalah salah satu guru di SMP ini yang paling sering tidak mendapat perhatian, celakanya saya sering dianggap remeh dan tidak mempunyai kopetensi apapun dalam menjalankan tugas saya sehari-hari. Namun, saya tetap berbesar hati dan terus melakukan yang terbaik untuk sekolah sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Kemudian saya berharap kepada semua rekan-rekan guru di SMPN 4 Pupuan untuk tetap bersemangat walaupun terkadang kita mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan yang datang dari segala penjuru.... semua itu adalah tantangan buat kita untuk selalu berjuang berdasarkan Dharma.

Posted on 31 Desember 2010, in Profile. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: