Rapat Dewan Guru

Rapa 5Rapat Rutin Dewan Guru SMP Negeri 4 Pupuan dilaksanakan pada hari Selasa 2 Februari 2011 yang lalu. Rapat dipinpin oleh Bapak Kepala Sekolah. Rapat kali ini membahas tentang persiapan Pemantapan Ujian yang akan diselenggarakan nanti pada hari Senen tanggal 7, 8, 9 dan 10 Februari 2011.

Rapat tersebut dihadiri oleh semua dewan guru dan juga staf pegawai Tata Usaha, Lebih lanjut Bapak Kepala Sekolah menyatakan dalam paparannya bahwa, Ujian Nasional kali ini akan diselenggarakan nanti pada tanggal 25 sampai dengan 28 April yang akan datang. Beliau juga menambahkan bahwa sistem yang diberlakukan dalam Ujian Nasional nanti akan sedikit berbeda dengan yang sudah dilaksanakan pada tahun-tahun yang lalu, di mana yang banyak berubah adalah dalam sistem penilaiannya. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 46 tahun 2010 tertanggal 31 Desember 2010, bahwa penentuan Kelulusan Siswa saat ini ditentukan dengan proporsi 40% diambil dari Ujian Sekolah (dan Nilai Raport kelas VII s/d IX) dan 60% dari Nilai Ujian Nasional.

Rapa 7Melihat sepintas dari ketentuan tersebut, sekolah pada saat ini sedikit bisa bernafas lega, karena para guru merasa bahwa apa yang telah mereka lakukan di kelas sedikit di hargai dan sedikit diperhatikan. Dalam hal ini, penulis yang juga berprofesi jadi seorang guru berpendapat, Pemerintah kayaknya masih setengah hati memperhatikan kami-kami guru yang berfungsi sebagai ujung tombak keberhasilan sebuah pembelajaran di suatu kelas. Semestinya, kewenangan pelulusan itu 100% diberikan kepada sekolah dan guru yang mengajar siswa-siswa tersebut karena hanya sekolah dan gurulah yang tahu kemampuan anak didiknya.

Rapa 2Disamping masalah itu, Bapak Kepala Sekolah juga banyak membahas tentang hal-hal yang terkait dengan setatus sekolah yang saat ini sudah menyadang predikat Rintisan SSN. Dalam kaitan itu Beliau juga menyinggung bahwa dalam bulan-bulan ke depan, para guru dan pegawai diharapkan untuk selalu meningkatkan profesionalismenya guna mempertanggungjawabkan predikat SSN yang sudah kita sandang ini.

About Nyoman Wiastra

Saya adalah salah satu guru di SMP ini yang paling sering tidak mendapat perhatian, celakanya saya sering dianggap remeh dan tidak mempunyai kopetensi apapun dalam menjalankan tugas saya sehari-hari. Namun, saya tetap berbesar hati dan terus melakukan yang terbaik untuk sekolah sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Kemudian saya berharap kepada semua rekan-rekan guru di SMPN 4 Pupuan untuk tetap bersemangat walaupun terkadang kita mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan yang datang dari segala penjuru.... semua itu adalah tantangan buat kita untuk selalu berjuang berdasarkan Dharma.

Posted on 3 Februari 2011, in Ragam. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: