PELATIHAN BAHAN AJAR DAN KTSP

Peserta 7Dalam rangkaian kegiatan untuk melaksanakan Program SSN yang ada dalam RKS SMP Negeri 4 tahun anggaran 2010/2011, maka sepanjang bulan Desember 2010 sampai dengan Februari 2011 kami dari Team SSN telah melaksanakan 3 kegiatan pelatihan dari sekitar 12 yang kami rencanakan. Dari ketiga itu diantaranya adalah Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis ICT, Pelatihan KTSP dan yang terakhir kami laksanakan adalah pelatihan Pengembangan Bahan Ajar sebagai lanjutan dari pelatihan sebelumnya. Dari semua pelatihan itu juga, yang menjadi Narasumber adalah Bapak Gde Putu Arya Oka,SST.,M.Pd dan Bpk. Prof.DR. A.A. Gde Agung,M.Pd. dari Undiksha Singaraja.

KTSPDalam Kegiatan Pelatihan KTSP dan pengembangan Bahan Ajar kali ini, kami melaksanakanannya dalam waktu yang sedikit agak mepet, hal itu kami lakukan dengan perhitungan percepatan waktu dimana sesuai dengan petunjuk yang ada dalam SK SSN yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional, bahwa dalam kurun waktu sekitar 7 bulan terhitung sejak Desember 2010 – Juni 2011, kami sudah harus bisa melaksanakan sekitar 14 jenis Pelatihan. Menimbang hal tersebutlah, maka kami terkesan menggenjot program-program rencana kegiatan yang sudah kami tuangkan dalam RKAS, ditengah-tengah kesibukan kami dalam menghadapi Program Nasional yaitu Ujian Nasional dan Ujian Sekoah.

Prof. Agung and Pak OkaTapi walaupun demikian sempitnya waktu yang tersedia, kami akan selalu berusaha melaksanakan semua program SSN yang sudah kami sepakati dan dipercayakan kepada kami. Hal tersebut juga sudah kami konfirmasikan ke pihak Undhiksha dengan harapan beliau-beliau (Narasumber Pelatihan) memahami padatnya jadwal program SSN yang harus kami laksanakan. Dalam pelatihan KTSP, Prof.DR. A.A. Agung,M.Pd, memaparkan banyak hal terkait dengan kebijakan Pemerintah dalam hal penetepana Kurikulum yang diberlakukan di Negara Kita. Dalam kaitannya dengan Kurikulum yang sedang berjalan ini, beliau berpendapat bahwa sebenarnya para pelaksana di lapangan terutama guru, belum begitu memahami apa itu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, karena mereka-mereka (guru) selama ini tahunya bahwa Kurikulum itu sudah ada dan di buat oleh pemerintah dan mereka tinggal melaksanakannya saja.

KepsekSetelah mengikuti pelatihan ini barulah bisa memahami sedikit, walaupun tidak seratus persen tentang apa itu KTSP dan bagaimana pelaksanaannya di lapangan (Sekolah). Terlihat para peserta pelatihan sangatlah antusias dalam mengikuti pelatihan ini, karena para narasumber memaparkan materi-materi terkait dengan cara yang sangat menarik dan sangat mudah dimengerti, diiringi dengan contoh-contoh yang gamlang dan applicable, sehingga para peserta sangat antusias dan semangat duduk berjam-jam untuk mengikuti pelatihan-pelatihan ini.

Narasumber 5Kami juga memutuskan bahwa dalam kegiatan-kegiatan pelatihan selanjutnya akan melibatkan beliau-beliau tersebut sebagai Narasumber utama kami. Hal tersebut kami lakukan karena kami merasa sangat nyaman dalam menerima pembelajaran dan juga materi-materi yang beliau sampaikan sangat mudah kami serap dan kami lebih cepat mengerti.

Pak Bos 2Disamping keputusan kami sebagai panitia menetapkan beliau sebagai narasumber, itu disebabkan juga desakan dari para peserta yang menginginkan beliau sebagai pelatih kami, mungkin mereka mempunyai pendapat yang sama dengan kami sebagai panitia. Salah satu contoh kongkrit kenapa kami katakan para peserta juga sangat senang dengan narasumber, dari sekian pelatihan yang sudah terlaksana, kami membuat jadwal  pelatihan tersebut dari jam 08.30 s.d 15.00, tapi ternyata para peserta betah duduk samapai jam 16.00 hanya diselingi istirahat 30 menit yaitu dari 12.30 s.d 13.00.

Peserta 8

About Nyoman Wiastra

Saya adalah salah satu guru di SMP ini yang paling sering tidak mendapat perhatian, celakanya saya sering dianggap remeh dan tidak mempunyai kopetensi apapun dalam menjalankan tugas saya sehari-hari. Namun, saya tetap berbesar hati dan terus melakukan yang terbaik untuk sekolah sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Kemudian saya berharap kepada semua rekan-rekan guru di SMPN 4 Pupuan untuk tetap bersemangat walaupun terkadang kita mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan yang datang dari segala penjuru.... semua itu adalah tantangan buat kita untuk selalu berjuang berdasarkan Dharma.

Posted on 19 Februari 2011, in Ragam. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: